Bagaimana memulai bisnis beternak mentok ini?
Apakah sulit penanganannya?
Kenapa disebut double bisnis?

Sebelum saya menjawab semua pertanyaan tadi saya ingin mengundang para ahli ternak yang berhubungan dengan topic saya kali ini untuk menyumbakan sedikit ilmunya demi untuk melengkapi informasi yang saya tulis ini. Mengingat keterbatasan dalam pengetahuan saya dalam hal beternak yang satu ini harap mengerti ya semua. Kalau begitu mari kita mulai menjawab satu persatu.

Sebelumnya yang anda harus persiapkan adalah kandang. Mengenai kapasitas kandang hitungaannya begini. Kandang yang luasnya per 1m2 ideal nya bisa ditempati sekitar 5 ekor. Maka jika anda ingin beternak 100 ekor kandang yang harus dipersiapkan adalah 20 m2. Hal ini merupakan pengetahuan dasar. Setelah itu anda bisa menyipkan dalam kandang itu perlengkapanya seperti tempat makan dll. Dan juga perlu dipersiapan lagi tempat sarang yang nyaman dari jerami atau sejenisnya.

Penanganannya tidaklah sesulit jika kita beternak ayam. Hewan jenis mentok ini sangat jarang terserang penyakit. Yah kadang-kadang saja bisa terkena penyakit. Jika anda tahu rahasianya bisnis ini sebenarnya bisa sangat bagus kedepannya. Karena beberapa sector bisnis bisa sekaligus dijalankan. Mari kita ulas di bawah.

Kenapa mempunyai keuntungan ganda? Yah jawabannya mudah sekali. Mentok ini kalau produktif bisa dijual beberapa itemnya. Dan anda bisa mendapatkan hasil penjualan dari 4 segi berikut: telur, bulu, anak mentok, dan daging. Ke tiga item tersebut bisa anda jual ke pedagang. Lumayan bukan? Anda beternak satu jenis hewan bisa mendapatkan 4 sumber pendapatan.

Mari kita teruskan kenapa bisa sekaligus 4 sumber tadi bisa anda jalankan. Yang pertama, telur. Sudah jelas siapa saja membutuhkan telur. Dan yang kedua, bulu. Bulu-bulu yang putih dan bagus untuk bahan dasar pembuatan sutlekok(untuk badminton). Jadi bulu ini bisa dijual juga. Yang ketiga, anak entok. Orang-orang tertentu suka membeli anaknya untuk dibesarkan. Karena peternak tertentu, focus usahanya untuk pembesarannya saja. Dan yang terakhir bisa dijual adalah dagingnya. Harga dagingnya kurang lebih seperti daging ayam. Bagaimana para pembaca sekalian, apakah ada yang tertarik bisnis ini. Kalau saya tinggal didesa saya akan coba deh bisnis ini, karena banyak hal yang bisa dijual. Jadi tidak perlu lagi deh merantau ke kota. Lagian peluang untuk berkembangnya besar sekali lho.

date Senin, 03 Agustus 2009

5 komentar to “ ”

  1. Anonim
    22 Agustus 2009 pukul 18.56

    Salam kenal. Saya Chris di Bali. Mohon info, apakah Bapak bisa atau rekan peternak lain bisa mensupply menthok karkas ke Bali? Jika bisa mohon hub saya di hbi_ud@yahoo.com. Terima kasih.

  1. r_iandebriavro
    20 Februari 2010 pukul 12.55

    Aslamlekum...Salam kenal saya Rahadian (20),pak dari Bekasi. . .saat ini sy serius sekali ingin belajar bisnis,saya dan teman saya (Bomar/umur 21) tertarik untuk memulai bisnis budidaya entok dalam waktu dekat ini..sy masih ingin tahu bnyak tntang cara budidaya entok yg baik..karena sy masih awam, sy senang sekali klau diberi ksempatan bisa berkonsultasi dngan bapak..Lahan(di daerah Cikarang) sudah siap, modal sudah dipegang, sang perawat pun sudah siap..kalau boleh sy minta no telp bapak yg bisa di hubungi..

    Trimakasih sbelumnya

    Rahadian/Ian
    021-93376002

  1. ewayam
    23 Februari 2010 pukul 01.09

    untuk mas rahadian, sebenarnya bisnis enthok itu mudah. tergantung bisnis enthoknya itu mau di peranakan atau mau di jadikan pedaging? kalau mau di peranakan atau untuk pembibitan bisa dilakukan dengan cara:
    1.setelah enthok menetas, selama seminggu di pisahkan dalam 1 kandang bersama induknya. soalnya biasanya enthok yang lain suka menyerang anak enthok ini.
    2. setelah 1 atau 2 minggu anak enthok bisa dipisahkan dengan induknya. dan di tempatkan terpisah dari enthok yang lebih tua. induk tersebut bisa bertelur lagi. dan berilah pakan ayam seperti comfeed atau yang lain. di maksudkan untuk proses penggemukan.
    SELAMAT MENCOBA...!!!!
    SEMOGA SUKSES....!!!!

  1. ozi
    20 November 2010 pukul 23.08

    tolong bagi teman-teman yang mempunyai info yang menjual dod entok tolong kirim kabar ke e mail muhroz1@yahoo.com trims

  1. Anonim
    8 Mei 2011 pukul 22.20

    bagus artikel ini bisa untuk menambah ilmu saya o ya saya titip kalau ada yang butuh mesin tetas 085230437283